Penggantian Paspor

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2014:

1. Penggantian Paspor RI dilakukan jika:

  1. Masa berlakunya akan atau telah habis;
  2. Halaman penuh;
  3. Hilang;
  4. rusak

 

 

2. Penggantian Paspor Karena Hilang

Paspor adalah dokumen negara, maka pemegangnya diminta hati-hati dalam menyimpan dan menjaganya, agar tidak hilang dan jatuh ketangan yang tidak berhak.

Prosedur di dalam penggantian paspor hilang secara garis besar sebagai berikut :

  1. Membuat laporan kehilangan paspor kepada Kantor Kepolisian Republik Indonesia atau pihak yang berwenang apabila anda berada di luar negeri.
  2. Apabila paspor hilang, diminta agar segera melapor ke Kantor Imigrasi dimana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian.
  3. Penggantian paspor yang hilang/ rusak, dilaksanakan setelah melalui Beriata Acara Pemeriksaan dan mendapat persetujuan Kepala Kantor Imigrasi.
  4. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima, pemberian paspor dapat ditangguhkan selama 6 (enam) bulan sampai paling lama 2 (dua) tahun.
  5. Apabila paspor hilang/ rusak di luar negeri , laporlah segera kepada Perwakilan RI di Luar Negeri.

 

Persyaratan Penggantian Paspor Hilang

Adapun berkas persyaratan yang perlu dilampirkan oleh pemohon untuk pemohonan penggantian paspor hilang adalah sebagai berikut :

  1. Kartu Tanda Penduduk Elektornik (asli dan fotocopy)
  2. Akta Kelahiran atau ijazah atau buku nikah (asli dan fotocopy)
  3. Kartu Keluarga (asli dan fotocopy)
  4. Surat keterangan hilang paspor dari kepolisian (asli).

 

 

 

3.  Alur BAP Paspor Hilang Masih Berlaku dan Habis Berlaku

 

 

  1. Pemohon mengajukan permohonan penggantian paspor hilang masih berlaku dan habis berlaku ke petugas sekski lalintuskim. Kemudian petugas Seksi lalintuskim melakukan verifikasi awal terkait berkas penggantian paspor
  2. Petugas pemeriksa seksi Wasdakim melakukan verifikasi lanjutan, penjadwalan BAP, dan petugas pemeriksa ( Pejabat Imigrasi) melakukan Berita Acara Pemeriksaan ( BAP) paling lama 1 ( satu hari )
  3. Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan (WASDAKIM) menerbitkan Berita Acara Pendapat (BAPEN) paling lama 1 (satu) hari.
  4. Hasil Berita Acara Pendapat (BAPEN) disampaikan kepada Kepala Kantor Imigrasi untuk mendapatkan pertimbangan dalam memberikan keputusan penggantian.Pemberian keputusan dilaksanakan dalam waktu paling lama 1 (satu) hari terhitung sejak dimintakan pertimbangan.
  5. Jika ditemukan adanya unsur kecerobohan  kelalaian disertai alasan yang tidak dapat diterima, pemberian Paspor dapat di- tangguh kan paling sedikit 6 (enam) bulan sampai dengan paling lama 2 (dua) tahun.Surat keputusan penangguhan akan diberikan kepada pemohon.
  6. Jika permohonan disetujui, maka pemohon melakukan proses penggantian paspor di seksi lalintuskim.
  7. Pemohon melakukan pembayaran biaya paspor pada bank persepsi atau melalui fasilitas pembayaran perbankan dan kantor pos . Tarif berdasarkan Peraturan Pemerintah No 45 Tahun 2016 tentang PNPB yang berlaku pada Kementerian Hukum dan HAM :

Paspor 48 Halaman
Hilang Masih Berlaku (Paspor + Biometrik + Denda) : Rp 655.000
Hilang  Masih Berlaku Disebabkan Karena Bencana  dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam (Paspor + Biometrik) :  Rp 355.000
Hilang Habis Berlaku (Paspor + Biometrik ) : Rp 355.000
Hilang Habis Berlaku Disebabkan Karena Bencana  dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam (Paspor + Biometrik) :  Rp 355.000

Paspor 24 Halaman
Hilang Masih Berlaku (Paspor + Biometrik + Denda) :  Rp 255.000
Hilang Masih Berlaku Disebabkan Karena Bencana Alam dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam (Paspor + Biometrik) : Rp 155.000
Hilang Habis Berlaku (Paspor + Biometrik) :  Rp 155.000
Hilang Habis Berlaku Disebabkan Karena Bencana Alam dan Awak Kapal yang Kapalnya Tenggelam (Paspor + Biometrik) : Rp 155.000

  1. Paspor diterbitkan dalam waktu 3 (tiga) hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran. Pengambilan penggantian paspor dengan menyerahkan bukti tanda terima pembayaran kepada petugas loket pengembalian.
Share ke social media...